INDONESIAN PAGEANTS

Komunitas INDONESIAN PAGEANTS pada tanggal 23 Desember 2012 kemarin merayakan hari ulang tahunnya yang ke-8.

INDONESIAN PAGEANTS atau nama singkatnya IP lahir 8 tahun lalu (23 Desember 2004) saat 3 pageant fans Indonesia Mukie, Nursasongko, dan Bayu memiliki ide membuat komunitas pageant pertama di Indonesia.

Ide ini lahir karena melihat di negara lain sudah banyak komunitas pageant sementara di tanah air, saat itu pageant masih belum terkenal dan masih asing bagi mayoritas masyarakat.


 Melalui akun resmi facebook fan page INDONESIAN PAGEANTS admin IP pada hari itu menulis seperti di-copy paste admin blog INHIL'S NEXT ICON seperti ini:

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
 Halo semua ... apa kabar?

Pada kesempatan ini IP ingin mengucapkan terima kasih untuk semua ucapan Happy Anniversary-nya hari ini. IP love you all guys!

IP sadar selama 8 tahun ini masih banyak lagi hal yang bisa ditingkatkan dan diperbaiki dari diri IP. Tapi untuk itu IP butuh bantuan kalian smeua, karena IP bukan hanya milik amdin-adminnya saja. IP adalah milik kalian semua, kami semua, kita semua ... milik Indonesia.

Mari kita lanjutkan perjalanan panajng ini bersama ... terus dukung kemajuan dunia pageant di Indonesia dengan segala yang kita bisa.

XOXO
Salam IP #beyondinfinity

- - - - - - - - - - - - - - - - - -
 Selama 8 tahun ini IP sudah menempuh perjalanan yang sangat jauh, dari Aceh hingga Papua. Mengunjungi kota-kota Medan, Jambi, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Manado, hingga Singapore, Wuhan, dan Ordos. Semua demi membawakan berita pageant dari seluruh Indonesia hingga mancanegara.

Tentunya kami semua berharap perjalanan IP tidak berhenti sampai di sini. Karena itulah kami sengaja memilih tema "Beyond Infinity" untuk ultah kali ini agar IP bisa menjadi suatu komunitas dan media yang hadir terus-menerus.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

IP pertama kali meliput karantina dan final ajang Puteri Indonesia di tahun 2006. Dan hingga sekarang IP terus mendukung PI dan meliput pelaksanaan ajang ini setiap tahunnya.

Juara Puteri Indonesia pertama yang diwawancara langsung oleh IP adalah PI 2005 Nadine Chandrawinata. She is so gorgeous dan ramah pula! Di foto ini tampak 3 pendiri IP berfoto bareng Nadine.

Fun fact : saat wawancara Mas Mukie sempat gemeteran karena terpesona kecantikan Nadine dan Nadine sampai terbatuk-batuk karena kaget saat diberi tahu dia menjadi favorit pageant fans luar negeri.

Di ajang Miss Indonesia, IP mulai liputan tahun 2007 dan sejak itu tidak pernah absen.

Salah satu kesempatan berharga yang pernah diberikan kepada IP oleh Yayasan Puteri Indonesia adalah ketika IP diajak untuk meliput final Puteri Indonesia Papua di Merauke tahun 2007 bersama 2nd Runner Up Puteri Indonesia 2007 @fiyondaputri .. pengalaman luar biasa bisa menginjakkan kaki di bumi Papua yang sangat indah!

Pageant internasional pertama yang diliput IP adalah International Man 2007 di Bali yang dimenangkan wakil Sweden, Taro Alexander. Yang meliput saat itu adalah founder IP sendiri Bayu Asmara.

Liputan IP bukan hanya sebatas pageant saja tetapi juga di dunia Duta Wisata. Bahkan IP juga pernah diajak berkunjung gratis ke Kepulauan Seribu untuk meliput Putra Putri Bahari Kep. Seribu 2011 dan ke Sulawesi Utara untuk meliput final Toar Lumimuut Minahasa Selatan 2012.

Para delegasi kita membutuhkan support penuh. Boleh kritik, tetapi tetap santun, ungkapkan dengan tata bahasa yg positif.

 Banyak orang yang masih memandang negatif pageant karena dianggap hanya menilai seseorang dari fisik saja dan merendahkan kaum wanita, khususnya di sesi swimsuit.

Dilema natcos (National Costume) di pageant
Natcos dengan design tradisional asli Indonesia biasanya kurang karnaval dan jarang dilirik juri. Membawa natcos karnaval peluang dilirik juri lebih besar tapi identitas keaslian Indonesia berkurang.


Leila Lopes, Kontestan yang mewakili negara Angola dipilih menjadi Miss Universe 2011. Hitam manis orangnya. Leila bukan satu-satunya wanita berkulit hitam yang pernah dipilih menjadi Miss Universe sepanjang sejarah kontes ratu sejagad itu. Persepsi kebanyakan wanita bahwa cantik itu harus berkulit putih itu ternyata SALAH! Terpilihnya Leila Lopes sebagai Miss Universe 2011 sebagai bentuk bantahan atas persepsi itu!




Miss Jamaica dan Miss USA. Yang pendek placed dan dipilih menjadi Miss Universe 2012, yang tinggi malah unplaced di Top 16. Bukan jaminan lagi yang badannya tinggi pasti placed dan diperhitungkan di international beauty pageant?




 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Hai.. Tulis special comment mu di dalam kotak !